Semiotika Dokumenter: Membongkar Dekonstruksi Mitos dalam Media Dokumenter

Penelitian atas film The Look of Silence (Senyap) telah membuktikan adanya karakter kuasa hegemonik dalam sebuah film dokumenter. Melalui kata sifat kreatif, subjektif, dan persuasif, sebuah film dokumenter memiliki potensi untuk mendekonstruksi mitos yang telah ajeg. Dengan kata lain, muatan tersembunyi dalam premis sebuah film dokumenter adalah dekonstruksi mitos.

“Konsep hegemoni yang dipopulerkan ahli filsafat politik Antonio Gramci, berusaha mengkaji hubungan antara power dan practice. Dalam analisisnya Gramci menekankan pentingnya peran ideologi. Ideologilah yang memajukan perkembangan kekuatan produktif. Bahwa kuasa hegemonik merupakan misteri yang paling menggoda para peneliti untuk membongkar ideologi media, termasuk film dokumenter. Menurut saya, penulis buku ini berhasil memperlihatkan kekuatan dekonstruksi mitos dalam media dokumenter.” 
[Prof. Dr. Ahmad Sihabudin, M.Sipakar Komunikasi Lintas Budaya dan dosen Ilmu Komunikasi Untirta Serang]

“Buku ini ibarat layar lebar yang bisa ditonton dari semua arah mata memandang. Bahwa pro dan kontra untuk melihat adanya hegemoni media, struktur, dan alibi keberpihakan untuk melihat sejarah, justru menjadi wacana kritis untuk disikapi. Seperti kekuatan kognitif penulisnya yang menjelajah afektif pembaca dan memantik konatif calon pembaca lainnya, sehingga tergelitik untuk membuka lembar demi lembar isi buku ini. Hebat!” 
[Dr. Lely Arrianie, M.Sipakar Komunikasi Politik; dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu; dan Ketua Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya Jakarta]

“Bahwa buku ini berhasil mengungkap ‘keluarbiasaan’ hegemonik sebuah film secara ilmiah, dan yang membanggakan, penulisnya adalah kalangan jurnalis. Pada akhirnya, buku ini bukan hanya menjadi sumbangsih kepada kalangan peneliti dan mahasiswa, tapi juga kalangan jurnalis sendiri dan khalayak. Selamat!” 
[Drs. Kamsul Hasan, SH, MHKetua Komisi Kompetensi PWI Pusat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi DKI]

Buku Semiotika Dokumenter: Membongkar Dekonstruksi Mitos dalam Media Dokumenter ditulis oleh syaiful HALIM (penulis, filmmaker, jurnalis, dosen, dan konsultan media). Selain mengajar di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Tangerang Selatan dan Universitas Telkom Bandung, ia juga memproduksi sejumlah film dokumenter bersama Komunitas M-DOCS.[]


Info lainnya, kunjungi DOKUMENTASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar